5 Saluran Pemasaran Digital Terbaik Di Indonesia.

Missing File
Jan
08

Di era digital saat ini, dengan populasi lebih dari 263 juta orang, Indonesia disebut memiliki potensi luar biasa untuk startup lokal dan perusahaan yang ingin mengenalkan produk serta layanan mereka.

Media sosial dan penggunaan internet di Indonesia terbilang meningkat sangat cepat, salah satu survei mencatat 143,26 juta pengguna internet aktif dan meningkat 7,9 persen dari tahun sebelumnya. Angka tersebut seiring berjalan dengan meningkatnya kelas konsumen dan Indonesia juga didominasi oleh masyarakat yang paham teknologi.

Satu hal yang pasti adalah semakin banyak orang Indonesia yang menjadi digital. Pertumbuhan terutama terlihat di ruang smartphone, 47 persen dari total populasi Indonesia secara teratur mengakses Internet pada beberapa jenis perangkat seluler.

Platform pemasaran digital teratas di Indonesia

Dari jumlah tersebut,  menurut Weoot Social Report Hootsuite, platform media sosial paling aktif di Indonesia adalah YouTube, Facebook, WhatsApp, Instagram, dan LINE.

Platform ini menjadi lahan yang baik dalam pemasaran produk dan layanan. Mau tau apa saja manfaatnya? Yuk baca di bawah ini!

1. YouTube

Tampilan Channel Youtube

Menurut survei menemukan bahwa di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Indonesia memiliki pengguna aktif Youtube. Kebanyakan dari mereka menonton konten tutorial. Google juga menyebutkan pengguna menghabiskan lebih dari 10 jam seminggu berselancar pada platform Youtube.

Dengan tingginya pemirsa di YouTube saat ini, maka kesempatan memperkenalkan produk dan layanan semakin bagus. Beberapa perusahaan e-commerce telah membuat channel Youtube untuk menerbitkan iklan TV dan fitur cerita tentang penjual e-commerce terkemuka.

2. Facebook

Salah satu promosi produk di Facebook

Dengan lebih dari 130 juta pengguna aktif pada 2018, penetrasi Facebook di Indonesia tumbuh pesat, naik 23 persen dari tahun sebelumnya. Merek-merek dalam FMCG dan industri e-commerce mengambil bagian terbesar dari keterlibatan Facebook.

Dari platform pada daftar ini, Facebook menempati nomor urut satu yang paling sering digunakan orang indonesia setiap harinya. Platform ini juga berfungsi sebagai pasar sosial dan tempat peluncuran bagi pembeli di negara ini, 40 persen di antaranya menggunakan Facebook untuk mencari informasi dan rekomendasi produk.

31 persen pengguna Facebook Indonesia membuat keputusan pembelian berdasarkan rekomendasi. Ulasan ini menghasilkan lebih banyak diskusi karena konsumen menggunakan Facebook untuk berbagi tentang pengalaman belanja dan pembelian mereka.

3. WhatsApp

Tampilan Aplikasi WhatsApp Business

Laporan We Are Social Hootsuite menunjukkan bahwa WhatsApp mengungguli aplikasi Facebook dan Facebook Messenger dalam hal pengguna aktif bulanan di Indonesia.

Setelah layanan pesan instan merilis aplikasi resmi WhatsApp Business pada Januari tahun lalu, pengguna dapat melihat lebih banyak bisnis lokal menggunakan platform untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Selain itu, dengan integrasi ke Facebook dan Instagram, pengguna media sosial dapat dengan mudah mengirim pertanyaan ke perusahaan melalui WhatsApp, memungkinkan pemasar untuk membuat daftar prospek yang berpotensi tinggi.

WhatsApp Business juga diyakini dapat meningkatkan 3 hal ini.

  1. Mengumumkan produk dan promosi baru
  2. Buat rekomendasi yang dipersonalisasi untuk pelanggan berdasarkan produk yang mereka lihat
  3. Kirim pemberitahuan (Konfirmasi pesanan, pembaruan pengiriman) kepada pelanggan setelah mereka melakukan pemesanan

WhatsApp bukan hanya layanan pesan instan; bila digunakan secara efektif, itu bisa menjadi alat akuisisi dan peningkatan pelanggan.

4. Instagram

Salah satu promosi produk di Instagram ads

Instagram sangat besar pasarnya di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh Instagram terhadap perilaku belanja, terutama selama liburan, dengan 86 persen konsumen liburan di Indonesia menggunakan aplikasi untuk ide-ide belanja. Selain itu, Instagram menawarkan konten menarik pada feednya dan juga Instagram story dalam berbagi konten singkat.

Ide kreatif kampanye ini bisa berfokus pada pembuatan iklan video yang sesuai dengan format dan daya tarik Cerita Instagram. Untuk bisnis yang ingin beriklan di Instagram Stories, Anda perlu menyesuaikan konten dengan platform dan sikap audiens lokal yang menggunakannya.

5. LINE

Keunggulan Aplikasi Line

Saat aplikasi perpesanan menargetkan untuk menjadi portal pintar nomor satu di Indonesia, perusahaan ini ingin memonetisasi saluran seperti layanan Kontak Bisnis Line. Saat ini, perusahaan lokal  telah intensif menggunakan layanan untuk berkomunikasi dengan pengguna LINE dan menawarkan keunggulan mereka. 

Jika ingin mengembangkan bisnis, Anda perlu mempertimbangkan popularitas LINE dan mencari cara untuk mengintegrasikan aplikasi perpesanan ke dalam manajemen hubungan pelanggan, dan strategi retensi pelanggan. Anda juga dapat memanfaatkan LINE Today sebagai saluran untuk mempromosikan konten yang disponsori melalui berbagai publikasi online.

Itulah 5 saluran pemasaran digital yang populer dan paling diminati oleh pengguna internet saat ini. Ada berbagai alasan mengapa channel di atas menjadi prioritas. Seperti bisnis pada umumnya, aplikasi tersebut menawarkan kelebihan dari segi fungsi dan fitur menjadi alasan terkuat mengapa channel tersebut banyak peminat.