E-Kinerja: Aplikasi Monitoring Untuk Mengukur Kinerja dan Kedisiplinan Pegawai Sebagai Indikator TPP.

Missing File
Feb
08

Dengan berkembangnya teknologi digital pada seluruh sektor saat ini membuat segala informasi dapat diterima dan dibagi dengan mudah dan cepat oleh masyarakat. Teknologi memberikan solusi terpadu terhadap masalah yang dialami seluruh sektor baik itu individu, lembaga, perusahaan maupun pihak pemerintahan.

Akan tetapi adaptasi teknologi dalam pemerintah dianggap kurang berkembang dengan baik sehingga penanganan aparat terhadapan pelayanan dan pekerjaan dinilai lamban. Baik itu dalam ruang lingkup internal maupun yang bersifat umum (eksternal). Inilah salah satu faktor yang mempengaruhi etos kerja para pegawai, selain itu teknologi juga belum dioptimalkan secara benar terhadap penanganan kedisiplinan dan kehadiran pegawai yang mengakibatkan judgement buruk dari masyarakat.

Oleh karena itu, Kabupaten/Kota dapat memanfaatkan teknologi informasi melalui pengembangan sistem perhitungan kinerja berbasis aplikasi agar pendistribusian segala informasi kinerja yang ada di SKPD dapat diakses oleh stakeholder mulai dari kepala dinas hingga pemerintah daerah.

Sebagai perusahaan IT dengan banyak pengalaman dan keahlian dan dikelilingi oleh orang-orang kreatif, DTC menjadi solusi untuk semua jenis industri. Saat ini DTC menciptakan sebuah aplikasi sistem informasi kinerja kepegawaian bernama e-Kinerja.

Hadirnya aplikasi e-Kinerja dapat meningkatkan kinerja, kedisplinan serta mengoptimalkan penggunaan sistem absensi berbasis elektronik guna menghindari adanya kecurangan atau manipulasi data yang berhubungan dengan kehadiran pegawai. e-Kinerja juga menawarkan serangkaian modul lengkap yang mengorganisir data pegawai.

Tampilan Aplikasi Desktop & Mobile Aplikasi e-Kinerja


Konsep aplikasi e-Kinerja terdiri dari beberapa proses utama yakni penginputan data informasi kinerja untuk kemudian di inventarisir kedalam sistem informasi yang nantinya data tersebut dapat di lihat dan divalidasi oleh pimpinan di setiap dinas terkait.

Manfaat e-Kinerja

Secara teknis aplikasi tersebut memberikan beragam manfaat didalamnya selain dapat meminimalisir kecurangan juga sebagai alat monitoring dan evaluasi serta sebagai salah satu tolak ukur tingkat kedisiplinan pegawai negeri sipil.

Berikut manfaat adanya aplikasi tersebut:

  • Alat Untuk Mengontrol Kehadiran Pegawai
    e-Kinerja merupakan strategi baru untuk para pemimpin lembaga mengetahui kehadiran setiap pegawainya. Aplikasi ini juga dibentuk dan disesuaikan dengan kemampuan penggunanya sehingga mudah digunakan.

  • Meningkatkan Kinerja Pegawai
     Dengan data yang telah terstruktur secara baik maka pegawai akan dapat melihat hasil tunjangan kinerja mereka berdasarkan persentase penilaian di dalam aplikasi. Tentu adanya aplikasi ini membuat pegawai mau tidak mau segera meningkatkan kinerja mereka.

  • Memudahkan Manajemen Birokrasi
     Selain sifatnya yang interaktif, setiap informasi yang masuk kedalam aplikasi ini memudahkan para SKPD dalam penginputan data. Berbagai macam fitur e-Kinerja dapat didata secara otomatis sehingga SKPD tak perlu melakukan rekap bulanan data pegawai beserta tunjangannya.

  • Sebagai Indikator Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP)

Dengan adanya aplikasi ini tidak ada alasan bagi pegawai untuk bermalas-malasan lagi. Pengaplikasian sistem yang ketat membuat upah pegawai akan diberikan sesuai dengan kinerjanya masing-masing.


Illustrasi Karyawan Yang Sedang Bekerja

Dampak Yang Dihasilkan

Dengan menerapkan e-Kinerja, kantor dinas memiliki semua informasi yang dibutuhkan untuk meminimalkan risiko kecurangan absensi. Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki sinergi yang efektif dan efisien dengan semua pihak sehingga harus melakukan pekerjaan dengan lebih produktif yang bertujuan untuk tercipta ekosistem dan etos kerja pegawai yang baik.

Aplikasi ini juga memberikan dampak pengambilan keputusan mengenai pemberian tunjangan prestasi jika dulunya diberikan dengan asas equal maka sekarang menjadi equal job for equal pay.

Kedepannya DTC akan terus mengembangkan aplikasi e-Kinerja, sehingga tidak hanya sebagai media informasi Kepala Dinas dalam mendapatkan berbagai macam informasi yang akurat dan cepat tetapi menjadi acuan dalam pengambilan keputusan lainnya.