Inilah Prediksi Tren Transformasi Digital Tahun 2019.

Missing File
Dec
21

Tren teknologi selalu menjadi perbincangan dari tahun ketahun. Adapun demikian tren teknologi yang akan terjadi di tahun 2019 merupakan hal yang menarik untuk diprediksi di penghujung tahun ini. Teknologi sendiri telah mengalami perkembangan yang sangat pesat saat ini dan menyebabkan tren yang selalu berubah setiap tahunnya. Misalnya, di Indonesia sendiri perkembangan financial technology (fintech) serta e-commerce memperlihatkan kemajuan pesat setiap tahunnya.


Meskipun prediksi tidak selalu akurat namun beberapa tren teknologi ini diprediksi akan berkembang di tahun 2019. Seperti yang dikutip dari majalah Forbes berikut ini adalah tren teknologi di tahun 2019 nanti.

  • Jaringan 5G

Tampilan jaringan 5G 

Jaringan 5G ini telah lama dikembangkan oleh perusahaan seperti Qualcomm, Intel, Nokia, Ericsson, Samsung dan Huawei untuk diterapkan di tahun 2019.

Beberapa pabrikan tersebut telah bersepakat untuk merilis perangkat yang mendukung jaringan 5G pada akhir tahun.  Beberapa kota dan negara akan segera menikmatinya, Akan tetapi di Indonesia jaringan 5G kemungkinan baru akan tersedia secara luas selama beberapa tahun lagi.

Dalam waktu dekat, hanya ada beberapa negara saja yang akan memiliki opsi untuk menggunakan teknologi seluler yang sangat cepat ini. Ini memberikan waktu kepada pengguna untuk meng-upgrade ponsel mereka agar segera dapat terhubung dengan jaringan 5G.

  • Internet of Things (IoT)

Internet pintar yang dapat menghubungkan benda-benda elektronik

Jika 5G mulai diterapkan berarti akan membuat lebih banyak bandwidth yang tersedia untuk teknologi “Internet of Things” (IoT) yang sedang berkembang.

Ponsel hanyalah salah satu bagian dari jaringan perangkat yang luas termasuk sensor, tag RFID, dan mesin online. Dan dengan adanya AI, jaringan nirkabel akan terus meningkat dan semakin meluas.

Mobil-mobil kemudi otomatis mungkin belum menjadi mainstream untuk sementara waktu, tetapi kita sudah bisa memiliki mobil yang dapat mengirimkan informasi diagnostik (tekanan ban, tingkat minyak, dan lain-lain) langsung melalui ponsel kita.

  • Blockchain

Sebuah mata uang digital yang aman untuk digunakan dalam transaksi antar negara

Meskipun Blockchain mengalami penurunan pada akhir tahun 2018, namun tren ini masih akan berkembang pada tahun-tahun mendatang. 

Blockchain adalah teknologi keuangan yang fantastis untuk melacak informasi dan merampingkan transaksi yang kompleks. Cryptocurrency mungkin akan bertahan dalam beberapa bentuk, tetapi teknologi blockchain terbesar yang akan kita lihat di tahun 2019 dan tahun-tahun setelahnya adalah urusan perusahaan yang berskala besar.

Blockchain adalah teknologi yang sangat fleksibel yang dapat diimplementasikan di mana saja. Sebut saja sebagian besar data transaksional seperti keuangan, rantai pasokan, manajemen hak media, Internet of Things, verifikasi identitas, dan banyak lagi.

  • Kecerdasan Buatan (AI)

Tampilan cara kerja teknologi AI

Di tengah-tengah seluruh tren teknologi ini data adalah kunci bagi perusahaan untuk dapat membuat keputusan yang baik mengenai produk, layanan, karyawan, strategi perusahaan, dan banyak lagi.

Beberapa perusahaan seperti Google, Microsoft, SAP, SAS dan Salesforce menunjukkan kepemimpinan pasar dalam promosi AI (Kecerdasan Buatan) yang dibuat menjadi analisis bisnis yang berarti. Ada banyak yang dapat berkembang dalam bidang AI sebut saja asisten pribadi virtual, video game, mobil pintar, pengelolaan limbah, bidang keuangan, kesehatan dan masih banyak lagi.

  • Virtual / Augmented Reality

AR dan VR Teknologi yang sedang diminati oleh generasi millenial

Tren teknologi di tahun 2019 selanjutnya adalah VR dan AR. VR dan AR akan semakin baik seiring berjalannya waktu. Industri Gaming  telah menjadi pasar besar utama untuk teknologi ini, tetapi VR dan AR juga mendapatkan daya tarik dalam bidang pendidikan, pelatihan, dan pemasaran.

Sedang belajar sejarah, berlatih mengoperasikan sesuatu, atau menghancurkan zombie? Kamu bisa menggunakan VR dan AR untuk melihatnya lebih dalam dan detail.

Tahun 2019, seiring dengan meningkatnya teknologi, harga perangkat akan turun dan aplikasi semakin inovatif. Hal ini membuat sangat mudah untuk membayangkan masa depan yang didukung oleh VR dan AR.

  • Edge Computing

Tampilan cara kerja Edge Computing

Dengan perangkat IoT yang terus berkembang, memungkinkan server menyimpan dan memproses lebih banyak data sehingga dapat menyebabkan transfer data menjadi lambat karena kapasitas penyimpanan cloud yang tinggi.

Misalnya saat kamu bertanya kepada Google Assistant, permintaanmu harus diunggah dulu ke cloud, diproses, dan baru dikembalikan kepada pengguna jawabannya. Proses itu menciptakan banyak waktu jeda, memberikan tekanan pada server, memakan bandwidth, dan memerlukan banyak fungsi perangkat untuk terkoneksi internet.

Teknologi Edge Computing mampu mendistribusikan beban data lebih baik. Cara ini mengurangi lambatnya komunikasi data melalui jaringan hingga 10 kali dibandingkan dengan jaringan biasa.

Desentralisasi cloud dengan menempatkan lebih banyak penyimpanan data dan kekuatan pemrosesan data yang relatif singkat, teknologi ini sendiri diprediksi akan menjadi tren untuk jangka panjang.


Itulah prediksi teknologi yang akan menjadi tren pada tahun 2019 nanti versi majalah Forbes. 

Tren dalam dunia teknologi memang tidak dapat akurat & diyakini 100% sebab perkembangan teknologi sangat pesat. 


Sumber : Forbes