Istilah Dalam Desain UI & UX Yang Wajib Kalian Ketahui.

Missing File
Dec
07

Perkembangan teknologi saat ini menuntut suatu produk agar mudah dipahami dan digunakan dengan nyaman oleh penggunanya. Untuk itulah peran desain UI & UX menjadi sangat vital sebagai penghubung kebutuhan pengguna dalam menggunakan suatu produk.

Kualitas desain User Experience (UX) dan User Interface (UI) merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan loyalitas pengguna sekaligus meningkatkan brand image produk Anda.

Menciptakan UI & UX yang baik dapat meningkatkan pengalaman seorang pengguna dalam mengakses website dan aplikasi sehingga pengguna melakukan kunjungan berulang kali. Dibalik desain UI & UX yang baik ada peran seorang UI & UX Designer yang bertanggung jawab menyederhanakan tampilan website maupun aplikasi. UI & UX Designer harus memiliki kemampuan untuk memahami perilaku pengguna dan memiliki kejelian untuk membangun sebuah desain yang efektif dan efisien dan mengubahnya menjadi sebuah website yang indah, intuitif, dan fungsional.

Sama halnya mempelajari ilmu desain UI & UX memerlukan waktu yang lama dimana dibutuhkan pemahaman tentang tujuan, fungsi, manfaat hingga pengguna dari aplikasi maupun website.

Dalam mempelajari desain UI & UX terdapat banyak istilah teknis yang umum digunakan oleh desainer UI & UX. Berikut adalah beberapa istilah yang digunakan:

  • Wireframe

Contoh Wireframe

Isitilah ini digunakan dalam menyusun tata letak awal dalam suatu design. Wireframe merupakan gambar awal yang telah di-sketch pada kertas gambar ataupun menggunakan software.

Misalnya, Perusahaan A akan membuat sebuah website atau aplikasi. Maka hal yang dilakukan ialah berdiskusi perihal konten dan fitur yang akan ditampilkan pada halaman awal lalu kemudian menggambarkan tata letak dari konten X dan Fitur Y sesuai yang dimaksud oleh klien dan designer.

Gambaran itulah yang disebut dengan wireframe.

  • Above The Fold

Penggunaan Above the Fold

Adalah konten yang dlihat oleh pengguna saat pertama kali membuka website atau aplikasi. Ini adalah tampilan awal dan hal yang sifatnya sangat penting.

  • Usability

Seorang tester sedang mencoba usabilty aplikasi e-commerce. Sumber gambar : Burst

Saat pengguna masuk ke dalam website atau menggunakan aplikasi tentu ingin menggunakan aplikasi dengan mudah dan nyaman.

Tingkat kemudahan dalam berinteraksi inilah yang disebut usability. Semakin mudah aplikasi yang digunakan & membuat pengguna menyelesaikan tujuannya dalam menggunakan aplikasi maka tingkat usabilitynya semakin baik.

  • CTA (Call to Action)

CTA merupakan elemen pada UI yang berfungsi untuk memulai ataupun melanjutkan sebuah flow, dan biasanya elemen tersebut berupa tombol yang memberikan perintah kepada pengguna untuk mengklik.

Berikut adalah contoh CTA.

Call to Action Facebook

Contoh Call to Action Traveloka

Tips Desain CTA:

- Jangan terlalu kecil.

- Warna Mencolok tapi jangan norak.

- Usahakan CTA terlihat paling mencolok saat berada di antara elemen elemen lain.

- Pertahankan konsistensi warna CTA, agar saat user berpindah pindah halaman, mereka mudah mengenali mana CTA nya.

  • Guideline

Aturan pembuatan desain bertujuan untuk mempercepat proses desain dan development dan membuat interaksi UI di website/aplikasi seragam walaupun dikerjakan oleh banyak orang.

Contoh Guideline UI/UX Design

Guideline UI biasanya terdiri dari:

- Daftar komponen visual di sebuah UI.

- Penjelasan cara mendesain komponen tersebut.

- Penjelasan fungsi dari komponen tersebut.

- Penjelasan apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan terhadap komponen tersebut. Dan masih banyak lagi.

  • Learnability

Melihat Insight penjualan produk. Source : Burst 

Saat pertama kali pengguna menggunakan produk tentu ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan produk tersebut. Contohnya pada aplikasi E-commerce pengguna ingin mengetahui tahapan yang harus mereka lewati agar mendapatkan barang yang diinginkan. Jika penjelasan produk tersebut mudah dipelajari maka produk tersebut dapat dikatakan memiliki learnability yang bagus.

Nah, apakah sekarang kalian sudah familiar dengan istilah-istilah umum yang akan kamu dengar dalam desain UI/UX ?

Jika belum, kamu bisa gabung di DTC Academy untuk memperdalam ilmu desain UI & UX. Peluang belajar ini  yang bisa membantumu mempelajari lebih lanjut mengenai UI/UX. Yuk, kunjungi  Instagram DTC Academy di https://www.instagram.com/dtcacademy/ dan gabung dengan grup Telegramnya di https://t.me/dtcAcademyUIUX.

Keep Learning !


Sumber : Medium Dwinawan