Mau Kuliah di Bidang IT di Makassar ? Yuk Lihat Review Kampus Berikut Sebelum Menentukan Pilihan !.

Missing File
Jun
20

Perkembangan IT sangat pesat dalam kurun 10 tahun terakhir. Ledakan data membludak sejak awal tahun 2000an dimana jumlah pemakai internet dan segala perangkat IT berbasis online mulai bermunculan. Pengguna sosial media semakin banyak dan aktif dengan ditandai banyaknya sosial media dengan berbagai platform seperti telepon genggam dan PC.

Fenomena ini tentu memunculkan animo pelajar lulusan Sekolah menengah untuk melanjutkan pendidikan tingginya di jurusan IT. Baik dari segi pemograman atau di bidang desain perangkat lunak dan grafis.

Nah kalau kalian seorang math freak, atau suka ulik-ulik sistem bilangan biner dan kode-kodean pake teknik kriptografi, itu sudah menjadi tahap awal yang bagus untuk tau terjun di Ilkom/TI. Tapi, dengan sedikit mencicipi tantangan programming yang asik, seru dapat memicu “sense of wonder” dalam diri kalian.

Namun untuk memilih kampus yang tepat memerlukan waktu yang tidak cepat dan pencarian yang tidaklah gampang. Kalian harus bisa memilih kampus yang memiliki jurusan IT dengan dasar dan fondasi yang kuat.

Menambah Networking. Sumber Foto : Pexels

Kampus terbaik akan memiliki jaringan dan sumber informasi tambahan untuk membantu perkuliahan kalian. Data-data yang update akan membantu dalam perkembangan kalian. Jika kalian selalu dibantu dengan data yang update kalian akan lulus dengan perasaan tidak ketinggalan zaman dengan berbagai perubahan yang akan kalian hadapi di dunia kerja nanti.

Nah disini kami akan membahas jurusan IT yang terdapat dibeberapa kampus wilayah makassar yang telah kita rangkum untuk dijadikan referensi melanjutkan pendidikan. Berikut ini ulasannya.

Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STMIK)

  • STMIK HANDAYANI

STMIK Handayani adalah Lembaga Pendidikan Tinggi di Kopertis Wil. IX yang didirikan sejak tahun 1996, menyelenggarakan pendidikan berbasis IT (Information Technology).

STMIK Handayani pada saat ini membina 4 (empat) program studi yakni Teknik Informatika (S1), dan Teknik Komputer/Sistem Komputer (S1), Program Diploma, Manajemen Informatika (D3), Komputerisasi Akuntansi (D3).

Workshop UI & UX Design Pada Komunitas Creative Minds Design STMIK Handayani Oleh Alfian Labeda

Selain pendidikan formal STMIK Handayani juga memiliki komunitas IT yang recommended untuk kalian masuki agar menambah wawasan, networking dan tentunya juga mengimprove skill IT dan desain kalian diantarnya Creative Minds Design, Creative Entrepreneur of Technology (CEOTECH), Tim Robotika STMIK Handayani Makassar (TRASH) dan tentunya himpunan masing-masing jurusan.

  • STMIK DIPANEGARA

STMIK Dipanegara adalah sekolah tinggi swasta yang berdiri pada tanggal 7 Juli 1994 berkonsentrasi pada bidang informatika dan komputer yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan. STMIK Dipanegara berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Dipanegara Makassar.

Adapun Program Studi yang diselenggarakan meliputi, Sistem Informasi dan Teknik Informatika, selanjutnya Manajemen Informatika untuk Program Diploma.

Kegiatan DTC Acdemy x Kedai Computerworks

Untuk kalian yang ingin meng-improve hardskill, kampus yang beralamat di jalan perintis kemerdekaan ini memiliki beragam komunitas IT/UKM yang bergerak dalam bidang pembelajaran teknologi seperti Programming, Network Engineering & Creative Design yang berkosentrasi pada bidang programming, network engineering, sysadmin maupun multimedia diantaranya Kedai Computerworks, Dipanegara Computer Club dan masih banyak lagi.

  • STMIK AKBA

Sejarah berdirinya STMIK AKBA tidak bisa terlepas dari sejarah Yayasan Pendidikan Kartini (Yapenka) Makassar. Yayasan yang berdiri pada tanggal 10 Februari 1995 ini, pada awalnya menyelenggarakan kursus-kursus keterampilan komputer, bahasa Inggris, akuntansi, menjahit, dan musik. Akan tetapi, berdasarkan pengalaman pengelola, para peserta lebih dominan mengikuti kursus komputer, bahasa inggris, dan akuntansi. 

Hingga pada bulan Juni 2008, AIK AKBA berubah status menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AKBA (STMIK AKBA) berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No. 106/D/O/2008. Hingga kini STMIK AKBA yang menempati kampus sendiri di jalan Perintis Kemerdekaan no. 75 Makassar ini menyelenggarakan pendidikan dengan program studi S1 Sistem Informasi, S1 Teknik Informatika, D3 Teknik Komputer, D3 Manajemen Informatika, dan D3 Komputerisasi Akuntansi.

STIMIK AKBA memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) IT salah satunya seperti Cyber Open Source yang bisa kalian masuki untuk menambah pengetahuan tambahan dan skill dalam bidang IT.

  • STMIK PROFESIONAL

STMIK Profesional Makassar adalah salah satu Kampus swasta di indonesia yang berbentuk Sekolah Tinggi, diurus oleh dikti dan termuat kedalam kopertis wilayah 9. Sekolah Tinggi ini telah jadi sejak tahun 25 September 2009 beralamat di Jalan AP Pettarani No 27, Kota Makassar.

STMIK memiliki program study IT unggulan yakni Sistem Informasi, Teknik computer, manajemen informatika. sedangkan untuk komunitas IT maupun himpunan jurusan IT yang bisa kalian masuki pada kampus tersebut diantaranya ada HIMASI, HMMI, HIMATEK dan Coconut.

Universitas

Selain kampus-kampus STMIK di atas DTC Academy juga memberikan rekomendasi bagi kalian academia yang ingin mengambil kuliah di universitas berikut

  • Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin atau UNHAS merupakan universitas nomor 1 di wilayah Indonesia timur yang selalu menjadi favorite bagi calon mahasiswa untuk mendaftar pada kampus merah tersebut.

UNHAS menawarkan prodi-prodi yang berkualitas diantaranya tentu program study teknologi informatika. Selain Pendidikan didalam kelas perkuliahan program studi Teknik informatika fakultas teknik juga terdapat UKM IT yang bisa kalian masuki salah satunya Coder Institute untuk memperdalam ilmu engineering dan programming.

DTC Academy bekerja sama dengan komunitas Coder Institute.


  • Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin)

Kampus yang dulu bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar ini memiliki 8 Fakultas dan 1 PPs (Program Pascasajana) dengan total 47 jurusan salah satunya adalah teknik informatika.

Kampus yang bertempat di Gowa Samata ini memiliki komunitas IT yang rekomendasi untuk anda ikuti salahsatunya Inready Workgroup UIN Aalauddin.

Sharing session Front-End Development bersama komunitas Inready UIN Alauddin


  • Universitas Muslim Indonesia (UMI)

Keberadaan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, belum tergoyahkan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Islam Swasta tertua, terbesar dan terkemuka di Kawasan Indonesia Timur.

Tidak heran jika UMI sampai saat ini tetap menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia Timur. Juga satu-satunya universitas swasta di Indonesia Timur yang sudah TERAKREDITASI INSTITUSI dari pemerintah Nomor : 036/BAN-PT/Ak-I/Ins/III/2008.

Kampus yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo Km.5 ini memiliki 13 Fakultas dan 33 Jurusan untuk S-1 dan dua diantaranya adalah Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dinaungi oleh fakultas Ilmu Komputer.

Adapun salah satu komunitas IT yang bisa kalian masuki untuk menambah jaringan pertemanan dan wawasan yaitu Encrypt Study Club (ESC) UMI, komunitas ini berkosentrasi pada software engineering, network engineering dan multimedia.

Kampus yang disebutkan di atas telah punya jaminan mutu yang dapat memberikan pengetahuan dan juga skill buat kalian para academia berjiwa enterpreneur yang kreatif dan inovatif.

Sharing session Front-End Development DTC Tech Talks Ngabuburit #TebarInsiprasi

Kampus yang disebutkan di atas telah punya jaminan mutu yang dapat memberikan pengetahuan dan juga skill buat kalian para academia.

Nah, buat yang merasa perlu meningkatkan skill IT dan desain DTC Academy kini sedang mempersiapkan program untuk kalian pastikan untuk update terus informasi dari kami.