Metro Ethernet Kabupaten Soppeng Sudah Terkoneksi Hingga Seluruh Kantor Kecamatan.

Missing File
Jan
08

Berawal dari tahun 2016 mulai membangun Metro Ethernet hingga 2018 kemarin  , tahap demi tahap telah dilalui oleh Diskominfo Kabupaten Soppeng dalam mewujudkan kabupaten yang terkoneksi hingga kecamatan . di Tahun 2018 akhirnya pembangunan jaringan telah sampai ke kantor-kantor kecamatan seluruh kabupaten soppeng . yaitu kecamatan :

  1.  Kecamatan Lalabata
  2. Kecamatan Lilirialu
  3. Kecamatan Liliriaja
  4. Kecamatan Ganra
  5. Kecamatan Marioriwawo
  6. Kecamatan Citta
  7. Kecamatan Donri
  8. Kecamatan Marioriawa

Peta Kabupaten Soppeng


Teknologi

Foto Radio Wireless Diskominfo Kabupaten Soppeng

Metro Ethernet Kabupaten Soppeng , Terkoneksi  menggunakan media transmisi radio wireless 5.8 Ghz , Teknologi ini biasa digunakan dalam Metro Ethernet . Selain menggunakan wireless ada teknologi lain yang biasa digunakan yaitu wired atau kabel , biasa menggunakan fiber optik .  Teknologi Wireless memang masih cocok dengan Pemerintah Daerah apalagi dengan kondisi geografis kabupaten soppeng yang berbukit-bukit . Dilain hal Wireless merupakan teknologi yang masih tergolong efesien dan efektif dalam kebutuhan koneksi Pemerintah Kabupaten .  


Manfaat


Koneksi Metro Ethernet dapat diibaratkan seperti pembangunan jalan , dimana ketika jalan sudah ada maka kendaraan sudah dapat melewati jalan tersebut untuk melakukan transaksi atau kegiatan dengan berhubungan dengan pihak lain . Jika di Teknologi Metro Ethernet jaringan tersebut bisa bermanfaat bagi hal-hal seperti :

  1. Intergrasi Aplikasi
  2. Monitoring CCTV
  3. SIstem Absensi
  4. Jalur pembagian Internet

Foto CCTV Kecamatan Kabupaten Soppeng

Metro Ethernet merupakan bentuk dukungan dalam mewujudkan pemerintahan yang terintegrasi , tahapan ini lah yang memang mestinya sebagai langkah awal dalam membangun Smart City ataupun Smart Governement .

karena pada prinsipnya kembali kepada mengibaratkan jalan raya . Andai kata jalan tidak ada , maka kehidupan berhubungan antara satu dan yang lainnya tidak akan terwujud .

Hampir dikatakan tidak mungkin , ketika pemerintah berharap Integrasi tanpa melakukan pembangunan Infrasturktur Teknologi Metro Ethernet .

Baca juga :  Soppeng Command Center: Implementasi Smart City Untuk Membangun Kabupaten.