Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Kemiskinan Terpadu, Kabupaten Enrekang (Si Emas Terpadu).

Missing File
Jan
21

Pada artikel sebelumnya kami telah menjelaskan mengenai Sistem Informasi Penanggulangan Kemiskinan (e-mpm) dimana aplikasi sistem informasi data kemiskinan merupakan sebuah sistem yang saling terintegrasi, dikembangkan dengan teknologi berbasis web (client server) untuk membantu program penanggulangan kemiskinan sehingga penyaluran bantuan bagi masyarakat miskin menjadi lebih cepat, efisien, dan tepat sasaran.

Dengan penerapan teknologi informasi seperti aplikasi sistem informasi penanggulangan kemiskinan tersebut, pemerintah daerah akan lebih mudah dalam menentukan arah kebijakan berkaitan dengan usaha – usaha pengentasan kemiskinan. Data yang akurat dan terstruktur, menjadi sarana untuk pemerintah daerah bisa mengambil kebijakan yang tepat sasaran yang pada akhirnya nanti menurunkan angka kemiskinan.

Pelatihan Teknologi Sistem Informasi Pengetasan Kemiskinan Terpadu Di Kabupaten Enrekang

Si Emas Terpadu adalah aplikasi pengelolaan data kemiskinan terpadu yang memproses dan mengintegrasi seluruh proses pengolahan kemiskinan dalam bentuk laporan atau data. Sistem ini dibangun untuk mendukung proses penyaluran bantuan kemiskinan menjadi lebih akurat, cepat, efisien, dan mudah.

Nah berapa pekan lalu tim DTC berkesempatan bekerjasama dengan beberapa kabupaten salah satunya Bappeda, Kabupaten Enrekang. Foto dokumentasi kegiatan yang berlangsung pada artikel ini merupakan pelatihan teknologi informasi dalam aplikasi pengelolaan kemiskinan terpadu (Si Emas Terpadu).

Pelatihan Dihadiri Oleh Seluruh SKPD dan Kecamatan

Pada 23 November 2018, pihak DTC dan Bapedda Enrekang melakukan pelatihan teknologi untuk aplikasi Si Emas Terpadu tersebut di Ruang Rapat Bappeda Kab. Enrekang. Tim DTC disambut oleh Bpk. Dr H Baba selaku Kepala Bappeda Kabupaten Enrekang. Dalam pelatihan tersebut juga hadir Wakil Bupati Enrekang, Bpk.Asman, S.E, dan seluruh ODP dan Kecamatan.

Penyampaian Materi Yang Diberikan Oleh Tim DTC

Banyak hal yang menjadi pembahasan selama pertemuan berlangsung. Tim DTC memaparkan pada pelatihan tersebut, banyak hal yang harus diperhatikan dalam setiap prosesnya. Mulai dari pengumpulan data hingga proses akhir pemindahan ke sistem online tersebut.

Kedepannya aplikasi Si Emas Terpadu diharapkan akan berjalan baik dan lancar, juga dapat berguna bagi masyarakat sesuai dengan tujuan yang diinginkan.