Pelatihan Modul Aplikasi E-Kinerja, DTC Sambangi Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Kolaka.

Missing File
Sep
05

Beberapa waktu yang lalu, PT Docotel Teknologi Celebes bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Kolaka yakni Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) untuk pembuatan dan penerapan aplikasi E-Kinerja.  Aplikasi E-kinerja dalam hal ini sebagai alat bantu bagi pemerintah terhadap ASN untuk mengelola dan mengatur rekap kerja kepegawaian secara efektif dan efisien.

Pelatihan Modul Aplikasi E-Kinerja, Kabupaten Kolaka. Foto: DTC Creative Team

Tampilan Aplikasi e-Kinerja Kabupaten Kolaka. Foto: DTC Creative Team

Seperti dikutip pada artikel sebelumnya, bahwa penerapan aplikasi E-Kinerja di lingkungan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dinilai mampu mendongkrak kinerja pegawai. Dikarenakan aplikasi tersebut menghasilkan dokumentasi kerja pegawai dengan baik dan juga telah terselenggaranya standarisasi penggunaan sistem monitoring database kinerja pegawai. Selain itu, penerapan aplikasi E-kinerja juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai berdasarkan perhitungan beban kerja yang dikonversi menjadi tunjangan penghasilan pegawai (TPP).

  • E-Kinerja Tahap Dua Kabupaten Kolaka

Pada tahap kedua ini, pihak kami menerima assignment  untuk aplikasi E-Kinerja yang telah diselesaikan beberapa waktu lalu dikarenakan adanya beberapa perubahan dan pembaruan. Assignment  ini berisi arahan dan request dari pihak Pemerintah Kabupaten Kolaka dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Kabupaten Kolaka untuk selanjutnya ditindak lanjuti oleh pihak DTC.

Apatrys Muis selaku Project Manager  Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Kolaka mengatakan bahwa, pada tahap kedua ini, ialah tahap pengembangan dari tahap sebelumnya. Jadi, untuk pengadaan pada tahap pertama telah selesai namun karena adanya beberapa perubahan terkait dari Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Kabupaten Kolaka. Maka pihak dari DTC selanjutnya melakukan pengembangan sesuai dengan arahan yang diberikan.

Sosialisasi & Pelatihan Modul E-Kinerja Kabupaten Kolaka. Foto: DTC Creative Team

Apatrys juga mengatakan bahwa pada tahap pengembangan aplikasi ini dengan waktu dua bulan terhitung sejak tanggal 21 Mei 2019 (21/05/2019). Adapun tahapan-tahapan pengembangan yang dilakukan oleh tim DTC adalah:

  • Penerimaan Assignment

Sebagai langkah awal, pihak Pemerintah dalam hal ini Diskominfo Kabupaten Kolaka, menyerahkan beberapa perubahan terkait aplikasi E-Kinerja untuk selanjutnya ditindak lanjuti sebagai tahap pengembangan dari yang sebelumnya. Selanjutnya Assignment yang telah diterima oleh tim DTC akan dikelola dalam bentuk perencanaan.

  • Membuat Perencanaan

Setelah penerimaan Assignment, tim melakukan perencanaan tentang apa saja yang akan dikembangkan, diperbaiki  ataupun diperbaharui sesuai dengan assignment dan arahan yang telah diterima dari pihak klien.

  • Komunikasi Tim

Setelah perencanaan dibuat, tim melakukan komunikasi antar anggota tim lainnya seperti manajemen tim, pembagian tugas dan eksekusi project. Saat pengerjaan aplikasi E-Kinerja tahap dua ini, tim DTC terdiri dari 10 orang tim yang terdiri dari para Developer & tim Project Manager.

  • Testing

Selanjutnya setelah proses pengerjaan dinyatakan selesai, maka project memasuki tahap testing, yang dimana pada tahap ini  untuk mendeteksi kondisi dari project yang sedang dikerjakan meliputi (defect/error/bugs) serta  mengevaluasi fitur-fitur software tersebut apakah telah dinyatakan berhasil  dan layak untuk digunakan.

  • BAST Project (Berita Acara Serah Terima Project)

Setelah semua proses selesai, fitur dinyatakan lengkap, project dinyatakan bebas defect/error atau bugs. Maka pada tahap akhir tim melakukan BAST dalam hal ini disebut sebagai berita acara serah terima project,  untuk selanjutnya digunakan oleh pihak Dinas Komunikasi dan Informasi (DISKOMINFO) Kabupaten Kolaka dan sebagai pernyatan bahwa kontrak kerja project telah selesai.

User Guide Aplikasi e-Kinerja. Foto: DTC Creative Team

Adapun pembaharuan Aplikasi E-kinerja pada tahap ini ialah:

  • Fitur Sasaran Kerja Pegawai (SKP)

Pada fitur ini berisikan rekapan sasaran kerja pegawai setiap tahunnya yang  wajib untuk dikerjakan dalam kurung waktu setahun tersebut. Para pegawai dapat mengakses dan melihat secara rinci pekerjaan mendatang ataupun yang telah selesai.

  • Fitur Penilaian Kerja Pegawai

Untuk fitur penilaian kerja pegawai berisikan fitur yang akan merekap bagaimana kinerja pegawai dalam jangka waktu tertentu dengan melibatkan beberapa pertimbangan penilaian seperti kehadiran dan hal-hal lainnya.

  • Tahap penyesuaian mutasi dan sosialisai.

Hingga pada tahap Pelatihan Modul aplikasi E-Kinerja oleh DTC yang dilaksanakan pada Selasa (13/08/ 2019) hingga Rabu (14/08/2019) di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Kolaka, Jl. Pemuda, Kompleks Kantor Bupati Kolaka Sulawesi Tenggara. Selanjutnya aplikasi E-Kinerja Kabupaten Kolaka memasuki tahap sosialisasi internal pada lingkup Kedinasan. Sembari proses tersebut berjalan juga menunggu penyesuaian mutasi yang sedang berlangsung pada jajaran Pemerintah Kabupaten Kolaka.

Sosialisasi Modul e-Kinerja di Kantor DISKOMINFO Kabupaten Koalaka. Foto: DTC Creative Team

Untuk mengetahui project dan produk lain yang telah tim DTC kerjakan & selesaikan, kalian bisa intip di laman Works kemudian pilih “Project”  dan “Product” atau membaca ulasan lengkap dari kami di dct.co.id/blog.



#dtcteknologi #transformbusiness

 

Artikel Terkait: Penerapan Aplikasi e-Kinerja Kabupaten Kolaka

Content Writer: Dewi Reski Yusria

Editor: Vincent Aditya