Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Mobile Pariwisata.

Missing File
Oct
16

Pemerintah terus mengkampanyekan wonderful indonesia di berbagai media platform baik di dalam negeri maupun luar negeri. Upaya ini dilakukan agar indonesia semakin dilirik oleh dunia dan serta meningkatkatkan pertumbuhan ekonomi.

Akan tetapi, keberhasilan pengembangan suatu pariwisata tidaklah hanya sebatas sejarah, keindahan alam, kealamian, kebudayaan atau keunikan suatu tradisi lokal tersebut namun jauh lebih penting adalah sumber daya manusia yang berkualitas dalam mengelolah dan manajemen informasi pariwisata secara akurat.

Selain fokus pada SDM dan perbaikan infrastruktur, hadirnya peluang teknologi menciptakan peluang baru dalam dunia pariwisata. Istilah yang mengacu pada kemajuan tersebut dinamakan “Smart Tourism”.  Smart tourism merupakan salah satu pilar dari Smart City dan juga merupakan platform pariwisata Information and Communication Technology (ICT) terintegrasi yang bertujuan memperluas skala industri pariwisata secara real time.

Teknologi yang digunakan dalam membangun Smart Tourism  salah satunya ialah dengan mengembangkan sebuah aplikasi berbasis mobileseperti yang diketahui bersama pengaruh gadget dan internet saat ini secara perlahan telah mengubah gaya hidup masyarakat sehari hari dalam mencari suatu informasi. Misalnya saat mencari detail informasi mengenai lokasi wisata, local market atau makanan khas daerah tersebut. Pengunjung cukup mengaksesnya melalui aplikasi pada smartphone. Hal ini juga berguna untuk meningkatkan brand dari kota/daerah.

Pentingnya Branding Untuk Kota/Daerah


Era saat ini konsep branding tidak hanya sekedar penggunaan logo dan slogan melainkan membentuk strategi mempromosikan potensi dan keunikan daerah dan inilah yang disebut branding. Branding yang baik akan meningkatkan kepercayaan siapa saja yang ingin berwisata. Disisi lain, kekuatan branding dapat mengelolah reputasi serta menciptakan industri perekonomian baru.

Mengapa Mobile Aplication?


Kehadiran aplikasi mobile untuk pariwisata diharapkan mampu mengurangi atau menghilangkan masalah yang ditemukan dilapangan seperti kesenjangan pemanfaatan ICT antar daerah, publikasi informasi pariwisata dan budaya yang tidak up to date hingga kesiapan infrastruktur yang kurang matang.

Melalui aplikasi mobile pemerintah juga dapat mengembangkan Smart Tourism dimana selain untuk kemudahan pencarian informasi aplikasi mobile dapat pula.

  • Memberikan Peningkatan pada devisa kota/ daerah
  • Meningkatkan Brand awareness kota/daerah
  • Mengelolah Local market menjadi lebih baik
  • Kemudahan aktivitas sosial masyarakat lainnya

Keunggulan Aplikasi Mobile


Dibangunnya aplikasi mobile tentu telah melewati proses analisa data terlebih dahulu yang kemudian dibuatlah berbagai fitur yang memberikan manfaat seperti :

  • Kemudahan pengaksesan dimana saja kapan saja dalam 24 jam
  • Pengelolan manajemen konten pada aplikasi mobile baik berupa teks, gambar, video maupun GPS lebih variatif dan mudah
  • Didesain semakin interaktif sehingga dapat melihat perilaku pengguna.
  • Membantu pengguna merencanakan liburan dengan baik.

Adapun untuk turis mancanegara,  aplikasi mobile dapat memberikan pengalaman berjelajah tanpa di dampingi Local Guide/Tour Guide karena telah disediakan pengaturan bahasa sehingga lebih mudah dipahami

Dengan kata lain aplikasi mobile berorientasi pada UI dan UX yang ramah pengguna, Lebih Cepat dan Tanpa Jeda seta menjangkau segala kebutuhan masyarakat melalui One Stop City Application.

Jadi, dengan menggunakan aplikasi mobile tidak hanya menghemat waktu melainkan arah promosi menjadi lebih cepat dan terarah sehingga meningkatkan taraf ekonomi daerah.

Mari rencanakan strategi promosi dengan membangun aplikasi seluler. Kunjungi https://dtc.co.id/services/it-solution kami untuk informasi lebih lengkap.