Penerapan Aplikasi E-Kinerja Pada Dinas Kominfo Kabupaten Kolaka.

Missing File
Apr
12

Penerapan aplikasi e-kinerja di lingkungan pegawai negeri sipil (PNS) dinilai mampu mendongkrak kinerja pegawai. Dikarenakan aplikasi tersebut menghasilkan dokumentasi kerja pegawai dengan baik dan juga telah terselenggaranya standarisasi penggunaan sistem monitoring database kinerja pegawai. Selain itu, penerapan E-kinerja juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai berdasarkan perhitungan beban kerja yang dikonversi menjadi tunjangan penghasilan pegawai (TPP).

Latar belakang dibuatnya aplikasi e-kinerja yaitu adanya UU ASN No. 5 tahun 2014, pasal 80 ayat 3 yang menyatakan bahwa tunjangan kinerja dibayarkan sesuai dengan pencapaian kinerja. Tunjangan kinerja di Lingkungan KLHK diberikan dengan memperhitungkan capaian kinerja pegawai setiap hari, setiap bulan yang dituangkan dalam aplikasi berbasis online yaitu e-kinerja. Dengan pengimplementasian e-kinerja di lingkungan pemerintah diharapkan seluruh aparatur bekerja sesuai dengan tugas, jabatan, dan kompetensinya sehingga proses pelayanan dan penyelenggaraan birokrasi pemerintahan berjalan baik. Hal ini juga sesuai dengan dasar hukum untuk penetapan kinerja adalah berdasarkan Permenpan Nomor 29 Tahun 2010 tentang pedoman penyusunan penetapan kinerja dan pelaporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Oleh sebab itu pada kesempatan ini DTC bekerja sama dengan pemerintah kabupaten Kolaka yaitu Dinas Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) membuat Aplikasi e-kinerja sebagai alat bantu bagi ASN dalam mengatur tata kelolah/manajemen kepegawaian secara efektif dan efisien. E-kinerja yang digunakan oleh pemerintah kolaka saat ini berbasis aplikasi mobile sehingga pengontrolan dan penginputan menjadi lebih mudah melalui smartphone. Aplikasi ini merupakan terobosan untuk mendukung terciptanya good governance di kabupaten Kolaka.

Adapun bentuk fitur pada aplikasi yang kami kembangkan adalah sebagai berikut:

Setiap stakeholder dapat memantau pekerjaan pegawai melalui smartphone dimana saja dan kapan saja cukup log in menggunakan NIP dan password yang sudah terdaftar. E-Kinerja menyediakan beragam fitur yang memudahkan pemantauan diantaranya monitoring absen untuk melihat absensi pegawai apakah pegawai tersebut datang tepat waktu atau sedang berhalangan hadir, fitur rekap bulanan dapat mengetahui apa saja kerjaan selama sebulan yang dilakukan oleh pegawai, selanjutnya fitur input kinerja, penilaian kinerja, penilaian etika dilakukan jika para stakeholder puas melihat kinerja para pegawai dan fitur tunjangan kinerja untuk memberikan tunjangan sebagai reward atas hasil kerja mereka. Perlu diketahui juga bahwa aplikasi e-kinerja ini telah diintegrasikan dengan mesin absensi (finger print).

Setiap kegiatan harus terdokumentasi dan tertata sesuai kebutuhan organisasi. Selain untuk bentuk penilaian aplikasi tersebut juga merupakan salah satu instrumen  pendukung bagi pemerintah dalam pengambilan keputusan kinerja pegawai, unit kerja satuan serta mampu menampilkan perkembangan sasaran kerja pegawai (SKP) tahunan.