Pentingnya Desain UI / UX Dalam Pengembangan Aplikasi Seluler.

Missing File
Apr
10

"Lebih dari 50% pengguna smartphone menggunakan gadget mereka sejak bangun di pagi hari"


Di dunia saat ini, pelaksanaan UI / UX yang efektif telah membuat perubahan drastis pada pengembangan aplikasi seluler. Dengan demikian, User  Interface (UI) dan User Experience (UX) menghadirkan  desain aplikasi seluler yang tidak hanya berfungsi sempurna  namun mudah digunakan. Baru-baru ini, UI / UX telah memperlihatkan perkembangan yang signifikan pada aplikasi seluler baik itu aplikasi e-commerce atau aplikasi game.


UX atau User Experience adalah Proses meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam interaksi antara pengguna dan produk.Tujuan paling penting dari setiap aplikasi seluler adalah interaksi yang lancar antara pengguna dan aplikasi.


Sedangkan UI atau User Interface lebih kepada tampilan perangkat lunak, seperti komputer, peralatan rumah tangga, perangkat mobile, dan perangkat elektronik lainnya, dengan fokus pada memaksimalkan pengalaman pengguna.


Aplikasi mobile yang sukses dalam kacamata pengguna adalah tentang interaksi  aplikasi yang menyenangkan dan ramah. Secara visual aplikasi harus memikat, memastikan keseimbangan  antara User Experience dan User Interface. Oleh karena itu, perusahaan harus memilih tim pengembang aplikasi seluler yang dapat menggabungkan UI dan UX secara efektif.


Mengapa UX/UI Design sangat penting ?



Inti dari bisnis apa pun adalah menawarkan pengalaman yang menyenangkan dan berguna bagi audiens yang datang untuk membuat aplikasi mobile.

Aplikasi seluler  menawarkan pengalaman pengguna yang disempurnakan dengan desain yang apik. Keseimbangan ideal desain UX/ UI membantu semakin banyak pengguna untuk mengunduhnya dan menggunakan barang / jasa Anda.


Aspek penting  UI/UX Design



Berikut ini adalah aspek dari User Interface and User Experience :

  • Konsistensi warna, font, ikon simbol dan tombol diperlukan. Tentu hal ini membuat kemudahan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi. Oleh karena itu, kombinasi font dan warna mempunyai peran yang sangat penting dalam menciptakan pengalaman dan nuansa yang luar biasa dari aplikasi seluler. Ini juga membantu Anda tetap konsisten dengan branding bisnis.


  • Tidak menggunakan gaya, elemen, atau visual yang rumit dalam aplikasi, hal ini dapat menghilangkan niat pengguna untuk memakainya. Pengembangan aplikasi seluler harus jauh dari desain eksklusif dan menarik.  Kontenlah yang  memainkan peran  dalam desain sederhana namun lengkap.


  • Keseragaman dalam UI keseluruhan dari aplikasi seluler diperlukan agar membantu pengguna untuk menentukan pola penggunaan aplikasi, yang memungkinkan mereka untuk mengakses informasi .


Pada aplikasi seluler, desain adalah hal pertama yang memikat audiens .  UI / UX memainkan peran integral dalam membantu aplikasi agar menonjol. Oleh karena itu, memiliki UI yang terintegrasi dan harmonis atau UX dalam aplikasi seluler tidak hanya membantu bisnis untuk menarik lebih banyak pengguna tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan.



SUMBER         :  Debutinfotech

Penulis           :  Mega Herdiyanti