Prediksi Tren Desain Website Yang Bakal Popular Tahun 2019.

Missing File
Jan
11

Seiring perkembangan teknologi yang kian melambung internet pun terus berkembang menjadi jaringan yang lebih cepat dari sebelumnya dan menghubungkan kita ke World Wide Web menggunakan berbagai perangkat, komputer, ponsel, dan bahkan jam tangan pintar (smart watch).

Secara alami bersama dengan evolusi teknologi, kebutuhan dan harapan penggunanya juga berubah. Ini berarti bahwa segala sesuatu, termasuk tampilan website juga perlu diubah. Mempertimbangkan semua itu, tampaknya 2019 akan membawa lebih banyak perubahan untuk desain website.

Jadi apa tren desain website untuk tahun 2019?

  • Minimalis & Meningkatkan Performa

Tren pertama untuk menarik para pengunjung website ialah dengan meningkatkan performa agar website tidak melambat dan navigasi atau struktur mudah dipahami.

Memastikan bahwa website berfungsi dengan baik (terutama pada perangkat seluler) dengan memeriksa apakah hosting dapat diakses dari perangkat yang berbeda. Saat ini telah banyak pemilik web beralih menggunakan hosting cloud, yang menyediakan skalabilitas dan kekuatan yang cukup.

Selain itu, banyak desainer web akan memilih desain minimalis. Selain membantu mempercepat website, cara penyajian informasi inti yang jelas dan mudah dibaca disertai dengan grafik berkualitas tinggi di website akan meningkatkan peluang trafik yang tinggi.

  • Cara Baru untuk Scroll  Halaman

Meskipun desain website itu sendiri menarik perhatian pengunjung situs. Perancang website harus terus meningkatkan user experience yaitu membuat cara baru dalam scroll halaman.

Untuk mencapai hasil yang diinginkan, kiranya situs web akan menggunakan efek slide-in, animasi, dan scroll paralaks.  Perkembangan teknologi ini diyakini membuatnya lebih halus dan tidak boros sumber daya.

Cara scroll yang tidak biasa ini juga memungkinkan menjaga perhatian pengguna agar terfokus pada bagian penting dari website.

  • Penggunaan Bentuk Natural dan Geometris

Untuk membuat website menonjol, perancang baiknya mengimplementasikan berbagai jenis bentuk seperti bentuk geometris tradisional seperti segitiga, kotak atau garis lurus. Hal itu berguna untuk menarik perhatian dan menekankan elemen yang paling penting di website.

Bentuk-bentuk tersebut dapat digunakan di bagian atas website untuk menarik perhatian pengguna dan memaksa mereka untuk melihat bagian tertentu dari website.

  • Lebih Personalisasi

Sebuah riset bisnis mengatakan bahwa sebanyak 44% konsumen mengakui bahwa mereka lebih mungkin mengulangi pembelian mereka jika pengalaman belanja dipersonalisasi. Tentu tidak mengherankan bahwa kini semakin banyak bisnis yang mulai mempersonalisasi website dan saluran penjualan mereka.

Karena itu, semakin populer metode personalisasi maka semakin meningkatkan data pengunjung dalam melihat atau membeli produk yang mereka jelajahi.

Dengan strategi tersebut, Anda dapat bersaing dengan toko online lainnya. Itulah sebabnya membuat strategi personalisasi terlebih dahulu dengan mengumpulkan informasi tentang audiens untuk menawarkan mereka diskon khusus berdasarkan riwayat pembelian mereka atau kategori yang sering mereka kunjungi.

  • Desain Grafis yang Unik

Tahun 2019 kualitas gadgetpun akan meningkat seolah layar akan nampat nyata. Penggunaan gambar yang buruk akan mengurangi kredibilitas website yang memungkinkan pengunjung pergi ke website lain.

Selain desain grafik yang unik, gambar yang ditambahkan ke website harus menyajikan produk dengan cara yang akan membuat pemirsa ingin segera membeli produk. Kecenderungan lain adalah untuk “memadukan” gambar dengan desain website, yang berarti tren foto produk dengan latar belakang putih akan memudar.

Selain membantu meningkatkan penjualan, manfaat gambar-gambar unik juga dapat menarik pengunjung baru ke website. Perlu diingat bahwa saat ini Google telah membuat pencarian berdasarkan gambar. Pencarian ini diklaim paling populer kedua di dunia.

  • VR & Augmented Reality

Virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) adalah dua teknologi terkini yang terus dikembangkan. Bahkan, tak sedikit perusahaan yang memanfaatkan dua teknologi tersebut sebagai daya tarik dari produk yang dikembangkannya.

Peran VR dan AR ini bukan sekedar menyuguhkan pengalaman pengguna seperti nyata melainkan tentang perusahaan-perusahaan akan lebih mudah untuk memperlihatkan atau mendiskripsikan  keunggulan produk yang akan dipasarkannya secara real time.


Sumber : Teknologi.id