Tips Membangun Online Personal Branding bagi Seorang Software Developer.

Missing File
Jul
25

Setiap orang dengan berbagai profesi yang telah ia miliki tentunya ingin mencapai kesuksesan karier yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu hal penting dalam membangun karier seseorang adalah membangun Personal Branding yang baik agar memiliki citra yang sesuai dan dikenal sesuai dengan karier yang dijalani.  Dikutip dari artikel Tech in Asia Indonesia, Personal branding adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Citra ini kemudian dapat dipresentasikan lewat berbagai jalur, seperti media sosial, blog, situs web pribadi, hingga perilaku di depan umum. Layaknya produk atau jasa, brand personal memberikan gambaran tentang pengalaman yang akan didapat konsumen ketika berinteraksi dengan pemilik brand.

Lalu bagaimana seseorang software developer  dapat membangun personal branding yang baik sebagai salah satu cara mengembangkan kariernya agar lebih dikenal baik itu oleh perusahaan ataupun khalayak umum?

Yuk simak beberapa tips berikut ini untuk membangun personal branding online bagi seorang software developer:

Buat Profil Karier Anda di LinkedIn

Platform LinkedIn, Sumber: LinkedIn.com

Sebagai sebuah platform jejaring sosial yang berorientasi pada informasi karier, bisnis, & perusahaan LinkedIn menjadi platform terpercaya untuk mencitrakan diri sebagai seorang profesional yang dapat diperhitungkan eksistensinya. Dalam LinkedIn seseorang dapat mengembangkan koneksi dengan para profesional dengan mudah dan cepat. Berikut beberapa fitur terbaik yang dimiliki oleh LinkedIn: 

  1. Foto profil: Gunakan foto profil yang menarik, profesional dan mencitrakan diri Anda sebagai seorang software developer profesional.
  2. Bagian Pengalaman : Pada bagian pengalaman, jelaskan jabatan karier Anda saat ini dan jabatan pekerjaan Anda sebelumnya, harus dijelaskan dengan baik. Jika perusahaan tempat Anda bekerja memiliki profil LinkedIn, maka akan lebih baik jika hal tersebut juga kalian mention pada bagian ini.
  3. Koneksi : Kirimkan undangan pertemanan, mulailah dengan mengundang orang yang Anda kenal, teman kantor Anda, mantan teman kantor Anda, maupun teman dari sekolah dan universitas, guru, teman sepermainan Anda ataupun orang lain yang secara aktif menggunakan LinkedIn.
  4. Bagian ringkasan : Di sinilah Anda dapat dengan bebas mendeskripsikan diri Anda sebagai seorang software developer profesional. Anda harus bersikap profesional dan menggunakan kata-kata yang menarik dan bersahabat. 
  5. Keterampilan: Pada bagian ini isikan keterampilan yang Anda miliki, sebagai seorang developer contohnya Anda dapat menjelaskan bahasa pemrograman yang Anda kuasai.
  6. Pendidikan : Pastikan Anda mengisi bagian ini dengan tempat dan gelar pendidikan yang telah Anda tempuh.  Kursus yang relevan yang terkait dengan karier Anda juga dapat Anda masukkan.
  7. Industri & Lokasi : Pilihlah kategori industri pekerjaan yang sesuai dengan profesi Anda.


Buat Akun Medium & Tuliskan Pengalaman ataupun Tips-Tips Menarik Anda

Platform Medium, Sumber: Medium.com

Medium merupakan platform yang memungkinkan Anda untuk membuat artikel secara online layaknya artikel blog pribadi. Salah satu keunggulan Medium adalah banyaknya pengguna yang telah membagikan ceritanya secara online baik itu mengenai pengalaman pribadi, karier, maupun tips-tips menarik dalam berbagai bidang seperti teknologi, desain, programming, bisnis dan sebagainya. Medium juga memiliki menu kategori yang memudahkan pembaca untuk menemukan artikel yang menarik sesuai minat pembaca.


Situs Web Pribadi

Membuat Web Pribadi, Sumber:  Pexels

Website pribadi berisi sejumlah halaman online yang biasanya dikelolah oleh sebuah instansi atau perusahaan.  Namun seseorang tidak menutup kemungkinan untuk membuat sebuah website pribadi. Adapun penyedia layanan free hosting untuk membuat website gratis diantaranya:

Dalam tampilan website kalian harus memperhatikan tiga hal utama yakni:

  • Foto: Pada situs web pribadi Anda, pastikan untuk menunjukkan foto diri terbaikmu agar para pengunjung web Anda dapat dengan mudah mengenali Anda.
  • Portofolio: Melampirkan portofolio karya ataupun pekerjaan Anda merupakan hal yang penting, isi dari portofolio ini dapat berupa proyek-proyek yang telah Anda kerjakan.
  • Kontak yang dapat dihubungi: Terakhir, namun tidak kalah penting, jangan lupa untuk menyertakan kontak dan sosial media Anda yang dapat dihubungi.


Miliki Domain Website yang Khusus & Menarik

Domain Pribadi, Sumber:  Pexels

Biasanya domain hanya diperuntukkan untuk situs web tertentu saja, namun coba dapatkan dan miliki domainmu sendiri misalnya .io, .co, .me atau mainkan dengan nama pribadimu atau perusahaanmu. Cukup keren bukan?


Membuat Akun GitHub

Platform GitHub, Sumber:  Pexels


GitHub adalah layanan hosting repositori untuk proyek pengembangan perangkat lunak yang menggunakan sistem pengontrol versi Git dan layanan hosting internet. Platform ini banyak digunakan oleh para software developer untuk kolaborasi proyek seperti pelacakan bug, permintaan fitur, manajemen tugas untuk proyek. Dengan membuat akun GitHub anda juga dapat berkolaborasi dan membangun koneksi baru dengan berbagai developer-developer profesional pengguna GitHub.


Ikut Komunitas Developer dan Berbicara di Depan Umum

Dikenal sebagai “public speaking” keahlian berbicara di depan umum menjadi modal yang berharga. Saat anda bertemu orang lain maka biasanya Anda hanya akan bercerita tentang suatu hal yang sederhana kemudian untuk selanjutnya membahas topik yang lebih kompleks. Topik-topik yang Anda bahas selanjutnya dapat menjadi "peluang" yang baik untuk Anda karena apapun yang sedang Anda kerjakan atau pikirkan dapat Anda utarakan kepada rekan Anda, dengan itu pertemuan ini menjadi lebih bermanfaat. Dengan bertemunya Anda dengan banyak orang atau grup tertentu memungkinkan Anda untuk bertemu dengan orang-orang profesional industri yang bergabung dengan komunitas tersebut. 

Saat berbicara ataupun saat menyampaikan sesuatu dalam diskusi tersebut jangan lupa untuk mengabadikan momen ini, minta tolonglah kepada teman Anda, atau rekan kerja Anda untuk merekamnya, hasilnya dapat Anda masukkan dalam portofolio Anda. 


"Pemimpin berpikir dan berbicara tentang solusinya. Pengikut berpikir dan berbicara tentang masalahnya".

-Brian Tracy


Bergabung Dengan Komunitas, Sumber:  Pexels


Membuat Akun Sosial Media Favoritmu


Beberapa Platform Sosial Media Yang Populer, Sumber:  Pexels

Sebagai seorang software developer, Anda juga perlu update di beberapa platform media sosial. Beberapa sosial media yang sedang populer saat ini seperti:

Sosial media tersebut bisa menjadi “ladang” terbaik untukmu membangun citra bukan hanya berisikan kehidupan sehari-harimu. Akun media sosial yang kamu miliki dapat kamu selingi dengan memberikan update kegiatan bisnis maupun pekerjaanmu, sehingga orang-orangpun ikut mengenal dan tertarik untuk mengetahui lebih jauh hal tersebut. 

Salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh para developer ialah Twitter, timeline Twitter akan menampilkan banyak sekali informasi tentang teknologi, baik berupa berita ataupun tentang update topik tertentu dengan cepat. Selain  mendapatkan informasi anda dapat terhubung dengan para developer lainnya, berhubungan dengan orang-orang yang telah anda temui sebelumnya dan berbagi informasi. 

Bagi kalian yang  ingin memulai bisnis ataupun membangun karier sebagai seorang software developer profesional, yuk mulai sekarang bangun personal brandingmu dengan baik. Hal ini bisa menjadi langkah awal yang kalian bisa lakukan agar sukses dalam mengembangkan karier sebagai seorang software developer profesional.


Sumber Artikel: Medium.com

Content Writer: Dewi Reski Yusria

Editor: Vincent Aditya